Senin, 13 Juli 2009

Rhoma Irama Dukung KDI 6

Untuk pertama kalinya, raja dangdut Indonesia, H Rhoma Irama, menjadi pendukung Kontes Dangdut TPI (KDI).

Walaupun tidak berada di depan layar, Rhoma akan mendukung penuh KDI 6 dan menjadi remote voter yang bertugas menilai penampilan kontestan secara jarak jauh melalui SMS.

"Ini merupakan kehormatan bagi KDI bisa menghadirkan H Rhoma Irama, karena selama enam bulan kita menyakinkan beliau untuk KDI," ujar Yusrizal, program manager KDI dalam jumpa pers perkenalan kontestan KDI 6, Selasa (19/5).

Pihak TPI sebenarnya telah berkali-kali meminta kesediaan Rhoma Irama untuk menjadi juri maupun komentator KDI, namun sikap Rhoma terhadap KDI belum sesuai prinsipnya.

Namun, setelah KDI memperlihatkan hasil jebolan kontestan mereka yang siap bersaing di dunia musik dangdut, bahkan bisa menjadi idola pencinta dangdut, Rhoma Irama akhirnya bersedia menjadi pendukung KDI meski hanya di belakang layar.

Selain itu, kebetulan pula Rhoma tengah melakukan revolusi dangdut melalui Sonet 2 Band sehingga bisa klop dengan KDI. Rhoma akan bertugas sebagai remote voter hingga babak terakhir KDI 6.

Rhoma akan menilai kemampuan vokal dan penampilan setiap kontestan dalam setiap episodenya. Nilai yang ia berikan akan membantu para peserta untuk lolos atau tidak ke babak berikutnya.

Sistem remote voter ini merupakan sistem baru yang dilakukan oleh KDI. Peserta yang lolos tidak hanya ditentukan oleh sms yang dikirim pemirsa tetapi merupakan akumulasi dari nilai remote voter dan SMS.

Peserta yang suaranya bagus tetapi kiriman SMS tidak terlalu banyak, bisa saja lolos jika juri remote voter memberikan nilai yang tinggi.

Selain Rhoma Irama, ada dua pedangdut lain yang akan memberikan suara melalui remote voter. Dua pedangdut tersebut, bisa berubah di setiap episodenya.

Pada Gerbang KDI 6, remote voter yang telah bertugas adalah Rita Sugiharto, Ikke Nurjanah, Evie Tamala, Fazal Dath, Kristina, Iis Dahlia, juga Purwacaraka.

Dengan adanya remote voter ini, maka komentator seperti yang selalu dilakukan pada KDI tahun-tahun sebelumnya kini ditiadakan. Di setiap episode akan hadir penasihat tunggal yakni Bertha yang bertugas mengeksplorasi potensi kontestan dengan memberikanmasukan atau kritikan yang bersifat membangun kepada kontestan mengenai cara bernyanyi yang baik dan benar.

Untuk pemirsa, KDI 6 memberikan tampilan baru yang lebih menarik. Pemirsa maupun pengisi acara bisa memberikan kritikan atau pujian melalui SMS interaktif kepada Bertha yang langsung melihat di layar TV plasma yang ada di hadapannya.

Bagi SMS yang menarik akan mendapat tanggapan langsung oleh Bertha. Sebanyak 20 kontestan KDI 6 akan bersaing mulai tanggal 23 Mei 2009 dan disiarkan langsung di TPI pukul 19.00 hingga 23.00. (wik)

Inilah 20 Kontestan KDI
1. Rahma (Aceh)
2. Hendra (Polewali Mandar)
3. Tari (Padang)
4. Fendi (Palembang)
5. Putra (Langkat)
6. Via (Banjarmasin)
7. Yudi (Bengkulu)
8. Yuni (Makassar)
9. Fika (Makassar)
10. Poni (Banjarmasin)
11. Dinda (Medan)
12. Adnan (Polewali Mandar)
13. Rini (Banjarmasin)
14. Riska (Bandung)
15. Meti (Grobogan)
16. Givri (Medan)
17. Devi (Cirebon)
18. Iva (Sumedang)
19. Ayu (Surabaya)
20. Ila (Palu)

Tidak ada komentar: