Selasa, 14 Juli 2009

Termehek-mehek Termasuk Yang Terburuk


dok.TransTV

Palmerah, Warta Kota

Termehek-mehek, acara yang ditayangkan setiap Sabtu dan Minggu di Trans TV, dinobatkan sebagai program televisi terburuk versi Yayasan Sains, Estetika, dan Teknologi (SET).

Beberapa waktu lalu Termehek-mehek mendapat sorotan setelah Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Fetty Fajriati Misbach, menyatakan acara TV yang diklaim sebagai reality show itu membohongi penonton karena tidak seluruh tayangan berdasarkan realita. Termehek-mehek lebih pantas disebut drama reality.

Hasil penelitian "Rating Publik Menuju Televisi Ramah Keluarga" yang dilakukan SET menyatakan bahwa Termehek-mehek menduduki peringkat ke-6 pada kategori program televisi terburuk (4,2 persen). Acara terburuk lainnya versi SET, seperti dilansir detiknews.com, adalah SuamiĆ¢€‘suami Takut Istri (Trans TV; 10,4 persen), Muslimah (Indosiar; 9,4 persen), Curhat dengan Anjasmara (TPI; 6,6 persen), Inayah (Indosiar; 5,7 persen), dan Ronaldowati 2 (TPI; 4,7 persen).

Menanggapi hasil penelitian SET itu, Head of Marketing Public Relation Trans TV Ahmad Hadiansyah Lubis mengatakan, pihaknya terbuka terhadap segala macam kritikan untuk Termehek-mehek, Suami-Suami Takut Istri, maupun acara lainnya.

"Sah-sah saja orang memberikan komentar ataupun kritikan mengenai Termehek-mehek. Semakin banyak yang memberi komentar, semakin banyak yang menonton dan juga membuat orang yang tadinya tidak menonton jadi ingin tahu. Setelah itu, (penilaian) kita serahkan kepada penonton," ujar Ahmad ketika dihubungi Warta Kota, Selasa (24/6).

Ahmad menambahkan, dia heran karena hasil penelitian SET tersebut bertolak belakang dengan pengakuan bahwa Termehek-mehek sebagai program terfavorit untuk kategori reality show pada Panasonic Award baru-baru ini.

Ahmad mengaku belum meli-hat detail hasil penelitian SET tersebut. Namun, kata dia, pihaknya akan menjadikan hasil penelitian itu sebagai bahan evaluasi atas seluruh program di Trans TV.

Selain memeringkat acara terburuk, SET juga memeringkat program televisi terbaik, yang posisi teratasnya ditempati Kick Andy (Metro TV; 33,5 persen), Apa Kabar Indonesia Malam (TV One; 6,6 persen), Liputan 6 Petang (SCTV; 6,1 persen), Seputar Indonesia (RCTI; 3,8 persen), dan Bocah Petualang (Trans7; 3,3 persen).

Kick Andy juga mendapat posisi tertinggi untuk kategori program yang paling menambah pengetahuan pemirsa (10,8 persen), diikuti Liputan 6 dan Seputar Indonesia. (wik)

Tidak ada komentar: