Kamis, 29 Januari 2009

Collagen Percantik Kulit



> Jangan Pakai Cara Instan

     Memiliki kulit yang cantik dan sehat merupakan dambaan setiap orang, apalagi bagi kaum hawa. Tetapi, usia kulit untuk bisa tetap sehat dan cantik tergolong pendek, mengingat banyak sekali faktor yang mempengaruhi kesehatan struktur kulit, baik dari dalam maupun dari luar. Di antaranya adalah proses penuaan, sinar matahari, polusi lingkungan, stres, dan kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, perawatan kulit sejak dini mutlak dilakukan.   
   "Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk merawat kulit sejak dini adalah dengan mengkonsumsi nutrisi yang seimbang. Dan salah satu nutrisi yang memiliki peranan paling penting dalam elastisitas dan kehalusan kulit adalah collagen," ujar cosmetologist/aesthetician Juliana Yu dalam Media Seminar 'Time Goes By, Beauty Remains Enhance Your Beautyful Skin' oleh Nutrifood pekan lalu.
     Dikatakan, collagen sudah ada di dalam tubuh manusia sejak lahir dan terus bertambah seiring jumlah makanan yang dikonsumsi. Tetapi jumlahnya juga bisa menurun seiring dengan bertambahnya usia dan pola makan serta gaya hidup yang tidak seimbang. Ini akan menyebabkan kurangnya elastisitas kulit dan munculnya keriput pada kulit.
     Akibatnya, usia kulit seseorang bisa jadi lebih tua dari usia yang sebenarnya dan bisa mempengaruhi kesehatannya, mengingat fungsi kulit sangat besar bagi kesehatan. Kulit berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, melindungi dari pengaruh luar, sebagai indra peraba, pengeluaran sisa metabolisme, dan sintesa vitamin D. 
     Bila kulit tidak terjaga maka daya tahan tubuh akan menurun dan manusia mudah terserang berbagai penyakit berbahaya. Maka, penting sekali menjaga kesehatan kulit, yang tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh tetapi juga meningkatkan kecantikan. 
     Collagen tersusun oleh asam amino glycine dan proline yang berfungsi untuk meningkatkan hidrasi kulit dan elastisitas kulit. Collagen berguna dalam membantu pembentukan sel baru di kulit. Collagen dapat masuk ke pori kulit dan bekerja efektif di lapisan epidermis kulit, membantu tumbuhnya kulit baru yang memiliki daya renggang atau elastisitas yang lebih baik dari kulit sebelumnya. 
     Namun, untuk mendapatkan collagen sebaiknya tidak melalui cara instan karena tidak membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein karena collagen merupakan senyawa protein. Banyak sekali makanan yang mengandung protein, seperti telur, ikan, juga susu. Namun, pembentukan collagen dalam tubuh tidak hanya dari protein semata. Dibutuhkan pula vitamin C yang banyak ditemui pada buah-buahan. (wik)
 
 Apa Itu Collagen?
     Collagen merupakan salah satu senyawa protein penyusun jaringan-jaringan tubuh, termasuk kulit. Bersama dengan keratin dan elastin (keduanya merupakan senyawa protein), collagen berfungsi untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, jumlah collagen akan semakin berkurang. Hal inilah yang menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit dan munculnya keriput pada kulit. Karena collagen merupakan protein yang tersusun atas asam-asam amino. Konsumsi asam-asam amino penyusun collagen akan dapat membantu menyediakan bahan dasar untuk sintesis collagen. 
     Kulit akan mengalami masalah penuaan yang disebabkan oleh faktor-faktor dari luar, mengingat kulit terletak pada bagian terluar dan mengalami kontak langsung dengan lingkungan. Salah satu faktor utama yang menyebabkan terjadinya penuaan pada kulit adalah sinar matahari yang diketahui merusak collagen dan elastin pada kulit sehingga menyebabkan kulit tampak kasar dan tidak elastis. Peran collagen adalah membentuk matriks yang berperan untuk menjaga serta mempertahankan struktur kulit dan kekompakan sel-sel pada kulit. (wik)



Tren Beauty Food
     Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya vitamin dan mineral dalam tubuh yang membantu menjaga kesehatan membuat produsen produk-produk kecantikan mulai melakukan berbagai inovasi. Salah satunya adalah dengan menggalakkan makanan kecantikan atau beauty food yang sudah dilakukan beberapa tahun terakhir. Bahkan, di beberapa negara Asia, penggunaan produk-produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar makanan mulai menjadi tren. 
     "Di beberapa negara Asia seperti Jepang dan Korea, penggunaan beauty food sudah menjadi tren dan kini produk-produk dengan bahan dasar makanan sudah menempati posisi ke dua di function food market (pasar makanan kesehatan--Red)," ujar Susana, Nutrifood Research Center Manager.
     Dengan market size mencapai 1,18 miliar, kandungan makanan sehat yang paling banyak dicari oleh warga Jepang adalah vitamin C dan collagen. Posisi pertama diduduki oleh produk penjaga kesehatan dari penyakit akibat gaya hidup (life style diseases prevention). Ini menunjukkan bahwa makanan sehat dalam berbagai hal mulai dibutuhkan masyarakat untuk menjaga kesehatan, mengingat gaya hidup dan pola makan yang mulai tidak seimbang. 
     Di Indonesia, masyarakat juga mulai menyadari betapa pentingnya makanan untuk membantu mempercantik kulit. Orang mulai mencari solusi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Dahulu mungkin banyak orang Indonesia yang tidak mempedulikan zat kimia yang dikonsumsi atau digunakan, yang penting bisa tampil cantik. Tapi kini hal itu mulai turun drastis. Apalagi setelah bahan kimia berbahaya untuk kecantikan terbukti menyebabkan timbulnya kanker dan kematian. Orang mulai mempertimbangan kandungan zat yang dipergunakan untuk kecantikan.
     Hal ini mendorong sejumlah produsen, termasuk Nutrifood, mulai memasukkan vitamin dalam produk untuk kecantikan kulit. Sampai saat ini, produk yang mengandung makanan kesehatan dikemas dalam bentuk suplemen pil, lotion, hingga makanan dan minuman yang cukup enak untuk disantap seperti susu, yogurt, dan permen. (wik)


Makanan untuk Kulit
     Beberapa jenis buah, sayuran, serta rempah-rempah di bawah ini bisa dijadikan pilihan untuk mempercantik kulit. Makanan-makanan ini penuh kandungan vitamin A, C, E, zat besi, dan selenium, yang diperlukan tubuh dan kulit.
1. Jeruk, kaya akan vitamin E yang baik untuk mencerahkan kulit.
2. Alpukat, mengandung vitamin E yang cocok untuk kulit. Dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus. Minyaknya digunakan sebagai bahan dasar sabun untuk tubuh dan wajah yang dapat digunakan mulai dari bayi hingga orang dewasa.
3. Aprikot, cocok untuk kulit kering dan kusam. Sebelum tidur manjakan diri dengan plain milk yang dicampur dengan buah aprikot.
4. Stroberi, untuk kulit kering dan sensitif. Buah ini mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan kulit.
5. Wortel, selain baik untuk mata juga baik untuk kulit.
6. Biji bunga matahari atau yang lebih dikenal dengan kuaci, berguna untuk menjaga kekuatan tulang. Biji bunga matahari yang mengandung thiamin dan niacin juga berguna untuk menjaga kesehatan otak dan kelembapan kulit.
7. Telur, kaya akan protein untuk menjaga kesehatan kulit. 
8. Onion dan garlic. Bawang putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama untuk para wanita, karena mengandung chromium dan vitamin C yang dapat mengurangi risiko penyakit kanker sekaligus memelihara tulang agar tetap kuat. Sedangkan bawang merah bisa membantu meremajakan sekaligus menghaluskan kulit. 
9. Sereal, memiliki komposisi vitamin yang lengkap untuk tubuh dan kulit. 
10. Tomat, mengandung oksidan pencegah kanker kulit seperti beta karoten, vitamin C dan lycopene. 
11. Ikan berminyak seperti salmon, mengandung asam lemak Omega 3, membantu melembabkan dan memberikan nutrisi pada kulit. (wik)

Vitamin dan Mineral untuk Kulit
1. Protein, berfungsi menguatkan dan melembutkan kuku, membantu membuat keratin, senyawa yang membangun kuku. 
2. Air putih, berfungsi untuk mengeluarkan toksin dari tubuh dan menyegarkan kulit serta membuat kulit terlihat lebih bersinar. Konsumsi air putih yang banyak akan membuat tetap terjaganya kelembaban kulit dan terlihat lebih kenyal.
3. Asam lemak esensial, membantu menjaga kekenyalan kulit. 
4. Vitamin B, membuat rambut mengkilap. 
5. Mineral silica, penting untuk menjaga elastisitas kulit, membuat kulit bersinar sehat.
6. Vitamin C, membantu membangun kolagen yang mengurangi kerut. Kulit yang mengandung banyak kolagen dapat mempertahankan elastisitas dan bebas kerut untuk waktu lebih lama. 
7. Vitamin C dan zat besi, bersama-sama membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. 
8. Vitamin E, membantu mempertahankan kecantikan kulit. Vitamin ini juga bisa mengatasi sembab dan kemerahan yang disebabkan terbakar sinar matahari. 
9. Zinc dan kalsium, membantu mengatasi jerawat. (wik)

Publish: Sunday, 06 July 2008

Tidak ada komentar: