Senin, 15 Juni 2009

Gita Gutawa Buat Lagu Saat Ujian

Pergi kau ke ujung dunia, dehidrasi di Gurun Sahara, hilang di Segitiga Bermuda, pergi kau luar angkasa, hypothermia di Kutub Utara, hilang di Samudra Antartika, dan jangan kembali, kau memang parasit...
Kutipan di atas merupakan bagian dari lagu baru Gita Gutawa berjudul Parasit. Liriknya tidak biasa, karena banyak mengambil kosa kata ilmu bumi, fisika, dan biologi yang selama ini dipelajari Gita di bangku sekolah. Ada kata dehidrasi, parasit, hypothermia, Kutub Utara, Samudra Antartika, Gurun Sahara, bom atom, atom, benalu, medan magnet juga oksigen.
”Lagu ini aku buat ketika sedang ikut ujian nasional. Di otak aku ini banyak sekali bahan-bahan pelajaran dan itu pengen aku tuangkan,” ujar Gita Gutawa di sela-sela peluncuran album keduanya, Harmoni Cinta, di Jakarta, Jumat (8/5).
Ide yang muncul tiba-tiba itu sebenarnya berawal dari cerita teman-teman sekolahnya. Banyak yang mencurahkan kekesalan mereka karena punya pacar yang selalu menyebalkan dan selalu mengambil keuntungan pribadi. Pengalaman teman-temannya itulah yang kemudian Gita tuangkan dalam lagu yang riang yang judulnya masih diambil dari kosa kata ilmu biologi, Parasit.
”Parasit ini sebenarnya menceritakan orang yang selalu mengambil keuntungan dari orang lain dan parasit itu sendiri merupakan tumbuhan yang mengambil keuntungan pada tumbuhan lain. Parasit ini aku bawa ke kisah percintaan,” tutur putri pertama konduktor Erwin Gutawa ini.
Tidak hanya lagu Parasit, di album kedua ini Gita juga membawakan lima lagu yang liriknya dibuat sendiri. Ada pula beberapa lagu yang ditulis bersama ibundanya, Lutfi Andriani, dan pencipta lagu Dewiq.
Kelima lagu yang ia tulis adalah Parasit, Ayo (Come On), Melangkah Lagi, Aku Cinta Dia, dan Lullaby. Khusus Lullaby, lagu yang liriknya ditulis bersama sang bunda, ditujukan Gita untuk adiknya.
Gita mengaku terlibat dalam pembuatan album kedua ini, mulai dari pemilihan lagu hingga proses produksinya. Meskipun, keputusan akhirnya ada di tangan ayahnya, Erwin Gutawa, yang menjadi produser.
(wik)

Tidak ada komentar: